Untuk melakukan Analisis Kurikulum Bimbingan dan Konseling tentunya kita sebagai guru harus menyebarkan angket DKPD (Data Kebutuhan Peserta Didik) terlebih dahulu yang bisa kita lakukan secara manual atau secara online menggunakan goole form, dari hasil angket itulah kemudian kita lakukan analisis terhadap hasil yang kita peroleh dari data yang telah diisi oleh peserta didik yang merupakan kurikulum BK. Karena BK tidak punya kurikulum seperti mata pelajaran pada umumnya. Dari hasil analisis itu kita akan mengetahui apa menjadi kebutuhan peserta didik kita. Berikut ini adalah contoh analisis yang bisa dijadikan referensi oleh bpak ibu guru BK.
ANALISIS KURIKULUM DAN
PENGEMBANGAN
PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Profil kelas dari hasil analisa Angket Kebutuhan
Peserta Didik
NO |
BUTIR
ANGKET KEBUTUHAN PESERTA DIDIK |
JML
RESPONDEN |
PRO SEN TASE |
PRIO RITAS |
WAKTU
LAYANAN (BULAN) |
BIDANG LAYANAN |
|||
PRIBADI |
SOSIAL |
BELAJAR |
KARIR |
||||||
27 |
Saya
belum banyak tahu tentang dampak dari pacaran |
29 |
3,53% |
Tinggi |
Juli |
247 |
242 |
239 |
93 |
14 |
Saya
merasa belum bisa menjadi pribadi yang mandiri |
27 |
3,29% |
Tinggi |
Juli |
30,09% |
29,48% |
29,11% |
11,33% |
20 |
Saya
belum tahu tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja saat ini dan cara
mensikapinya |
27 |
3,29% |
Tinggi |
Juli |
||||
1 |
Saya
kadang lupa bersyukur atas nikmat dan karunia dari Tuhan YME |
26 |
3,17% |
Tinggi |
Agustus |
||||
3 |
Saya
merasa belum paham etika yang baik dan benar dalam pergaulan teman sebaya |
26 |
3,17% |
Tinggi |
Agustus |
||||
7 |
Saya
sulit meminta maaf jika mela- kukan
kesalahan terhadap orang lain |
26 |
3,17% |
Tinggi |
Agustus |
||||
35 |
Saya
belum tahu cara meraih prestasi di sekolah |
26 |
3,17% |
Tinggi |
Agustus |
||||
39 |
Saya
merasa belum menenumkan cara belajar yang efektif |
26 |
3,17% |
Tinggi |
September |
||||
47 |
Saya
tidak terbiasa menabung |
26 |
3,17% |
Tinggi |
September |
||||
9 |
Saya
belum tahu cara mengendalikan emosi |
25 |
3,05% |
Tinggi |
September |
||||
10 |
Saya
belum tahu cara melakukan eksplorasi bakat secara mandiri |
25 |
3,05% |
Tinggi |
September |
||||
41 |
Saya
belajarnya jika akan ada ulangan atau ujian saja |
25 |
3,05% |
Tinggi |
Oktober |
||||
50 |
Saya
belum banyak tahu tentang jenis-jenis profesi di masyarakat dan Prospeknya |
25 |
3,05% |
Tinggi |
Oktober |
||||
16 |
Saya
merasa sulit mengendalikan ketergantungan dengan handphone |
24 |
2,92% |
Tinggi |
Oktober |
||||
19 |
Kata
maaf, tolong dan terimakasih kadang lupa saya ucapkan dalam pergaulan |
24 |
2,92% |
Tinggi |
Oktober |
||||
22 |
Saya
sedang mempunyai masalah dengan teman di sekolah |
24 |
2,92% |
Tinggi |
Nopember |
||||
17 |
Saya
merasa tidak betah tinggal di rumah sendiri |
23 |
2,80% |
Tinggi |
Nopember |
||||
18 |
Saya
merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua |
23 |
2,80% |
Tinggi |
Nopember |
||||
21 |
Saya
sering beda pendapat dengan orang lain |
23 |
2,80% |
Tinggi |
Nopember |
||||
25 |
Saya
sukar bergaul dengan teman-teman di sekolah |
23 |
2,80% |
Tinggi |
Desember |
||||
30 |
Saya
merasa takut bertanya atau menjawab di kelas |
23 |
2,80% |
Tinggi |
Desember |
||||
31 |
Saya
belum paham yang harus dilakuan dengan adanya pemanasan global |
22 |
2,68% |
Tinggi |
Desember |
||||
48 |
Saya
kurang dapat menyalurkan bakat dan minat di sekolah |
22 |
2,68% |
Tinggi |
Desember |
||||
2 |
Saya
kadang lupa untuk berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
21 |
2,56% |
Tinggi |
Desember |
||||
29 |
Saya
merasa malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis kelamin |
21 |
2,56% |
Tinggi |
Januari |
||||
38 |
Saya
belum terbiasa belajar bersama atau kelompok |
19 |
2,31% |
Tinggi |
Januari |
||||
43 |
Saya
belum bisa membuat peta pikiran (mind mapping) |
15 |
1,83% |
Sedang |
Januari |
||||
26 |
Saya
merasa masih sedikit pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja |
10 |
1,22% |
Sedang |
Januari |
||||
32 |
Saya
belum mengetahui banyak tentang jenis obat-obat terlarang serta dampaknya |
10 |
1,22% |
Sedang |
Februari |
||||
33 |
Saya
belum tahu cara memilih lembaga bimbingan belajar |
10 |
1,22% |
Sedang |
Februari |
||||
36 |
Saya belum paham tentang gaya belajar
dan strategi yang sesuai dengannya |
10 |
1,22% |
Sedang |
Februari |
||||
40 |
Saya
selalu malas untuk belajar di rumah |
10 |
1,22% |
Sedang |
Februari |
||||
44 |
Saya
belum mengenal tentang macam-macam kecerdasan |
10 |
1,22% |
Sedang |
Maret |
||||
46 |
Saya
sering dimarahi orang tua karena boros |
10 |
1,22% |
Sedang |
Maret |
||||
49 |
Saya
belum tahu tentang prospek karir untuk setiap mapel |
10 |
1,22% |
Sedang |
Maret |
||||
8 |
Saya
masih merasa belum memiliki rasa percaya diri |
9 |
1,10% |
Sedang |
Maret |
||||
37 |
Saya
merasa kesulitan dalam memahami pelajaran |
9 |
1,10% |
Sedang |
April |
||||
42 |
Orang
tua kurang peduli dengan kegiatan belajar saya |
9 |
1,10% |
Sedang |
April |
||||
45 |
Saya
belum paham cara kerja otak kiri dan otak kanan |
9 |
1,10% |
Sedang |
April |
||||
4 |
Saya
merasa sulit mematuhi tata tertib di sekolah |
8 |
0,97% |
Rendah |
April |
||||
13 |
Saya
sedang mempunyai masalah dengan anggauta keluarga di rumah |
8 |
0,97% |
Rendah |
Mei |
||||
6 |
Waktu
saya banyak dihabiskan untuk bermain game atau games online |
7 |
0,85% |
Rendah |
Mei |
||||
28 |
Saya
malu jika membicarakan masalah seks dan pacar kepada orang tua |
7 |
0,85% |
Rendah |
Mei |
||||
34 |
Saya
merasa tidak memiliki semangat belajar |
6 |
0,73% |
Rendah |
Mei |
||||
15 |
Saya
sering lupa waktu ketika bermain/membuka media sosial (fb, wa, instagram,
dll) |
5 |
0,61% |
Rendah |
Juni |
||||
24 |
Saya
belum tahu tentang bullying dan cara mensikapinya |
5 |
0,61% |
Rendah |
Juni |
||||
12 |
Kondisi
keluarga saya sedang tidak harmonis |
4 |
0,49% |
Rendah |
Juni |
||||
5 |
Kadang-kadang
saya masih suka menyontek pada waktu ulangan |
3 |
0,37% |
Rendah |
|||||
11 |
Saya
masih sering mengalami sakit / alergi |
3 |
0,37% |
Rendah |
|||||
23 |
Saya
belum tahu cara untuk menjaga persahabatan agar tetap langgeng |
3 |
0,37% |
Rendah |
2. Profil Peserta Didik
dari Hasil Angket Kebutuhan Peserta Didik
NOMOR |
NAMA
SISWA |
L/P |
JUMLAH
MASALAH |
% |
|||
Urut |
Kode |
Induk |
|||||
1 |
K32 |
6399 |
Eka sevianda |
L |
40 |
80,0% |
|
2 |
K1 |
6368 |
Natasya Rasty |
L |
33 |
66,0% |
|
3 |
K8 |
6375 |
Trio putra medika |
L |
32 |
64,0% |
|
4 |
K4 |
6371 |
Sulaiman |
L |
31 |
62,0% |
|
5 |
K18 |
6385 |
Jihan nova clarissa putri |
L |
31 |
62,0% |
|
6 |
K12 |
6379 |
Robaul Nurul Jannah |
P |
30 |
60,0% |
|
7 |
K14 |
6381 |
Restu Dwi Oktaviani |
L |
30 |
60,0% |
|
8 |
K17 |
6384 |
Dini apriani |
P |
30 |
60,0% |
|
9 |
K3 |
6370 |
Shint1 dara eriavahira |
L |
28 |
56,0% |
|
10 |
K23 |
6390 |
Saskiya nurmaya sari |
P |
28 |
56,0% |
|
11 |
K5 |
6372 |
Ayu Astuti |
P |
27 |
54,0% |
|
12 |
K6 |
6373 |
Tirta raka yudda |
P |
27 |
54,0% |
|
13 |
K11 |
6378 |
Mona Erika |
P |
26 |
52,0% |
|
14 |
K15 |
6382 |
Dike Mutiara Isnaini |
P |
26 |
52,0% |
|
15 |
K20 |
6387 |
Fachriza wulan sunjaya |
P |
26 |
52,0% |
|
16 |
K2 |
6369 |
Regal wildan arohman |
P |
25 |
50,0% |
|
17 |
K7 |
6374 |
Arjuna saputra |
P |
25 |
50,0% |
|
18 |
K9 |
6376 |
Restiani zahra |
L |
25 |
50,0% |
|
19 |
K21 |
6388 |
Putri Rahmawati |
P |
25 |
50,0% |
|
20 |
K29 |
6396 |
Arjuna aditya saputra |
L |
25 |
50,0% |
|
21 |
K10 |
6377 |
Agung hermawan |
L |
24 |
48,0% |
|
22 |
K22 |
6389 |
Abd Ja'far ARDI1NS1H |
L |
24 |
48,0% |
|
23 |
K26 |
6393 |
ADI SAKLIA ZAHRA |
L |
24 |
48,0% |
|
24 |
K13 |
6380 |
TIARA PUTRI SILVIA1NI |
L |
22 |
44,0% |
|
25 |
K16 |
6383 |
DIKA ANDIKA WIDIANTO |
L |
22 |
44,0% |
|
26 |
K25 |
6392 |
REVASAMARMATA |
L |
22 |
44,0% |
|
27 |
K19 |
6386 |
Naszla halfaira |
L |
21 |
42,0% |
|
28 |
K24 |
6391 |
Siti padia ayunda putri |
L |
20 |
40,0% |
|
29 |
K27 |
6394 |
Nafila afifa |
P |
20 |
40,0% |
|
30 |
K31 |
6398 |
Irmawati Br Hombing |
P |
19 |
38,0% |
|
31 |
K30 |
6397 |
Endri sofiah |
P |
17 |
34,0% |
|
32 |
K28 |
6395 |
Inayah |
P |
16 |
32,0% |
|
33 |
K33 |
0 |
0 |
0 |
0,0% |
Berdasarkan profil kelas dari hasil angket di
atas, permasalahan tertinggi terdapat pada bidang pribadi sebesar
30,09%, diikuti oleh bidang
sosial sebesar
29,40%, bidang belajar sebesar 29,11% & dan bidang karier sebesar 11,30%. Adapun butir masalah yang paling tinggi adalah tentang
belum banyak teman atau sahabat yang dipilih oleh 29 konseli, diikuti oleh keinginan untuk menjadi pribadi mandiri sebanyak 27
konseli, etika yang baik dalam pergaulan sebanyak 26 orang. Sementara peserta didik yang paling banyak memilih item masalah adalah “Eka sevianda”
(40 butir) dan “Natasya
Rasty” (33 butir).
3. Deskripsi Kebutuhan dari Hasil Asesmen
BIDANG LAYANAN |
ASSESMEN KEBUTUHAN |
RUMUSAN KEBUTUHAN |
PRIBADI |
Saya
kadang lupa bersyukur atas nikmat dan karunia dari Tuhan YME |
Memiliki
Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Saya
kadang lupa untuk berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
Memiliki
berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
|
Saya
merasa belum paham etika yang baik dan benar dalam pergaulan teman sebaya |
Memahami
etika pergaulan teman sebaya |
|
Saya
merasa sulit mematuhi tata tertib di sekolah |
Memilki
kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
|
Kadang-kadang
saya masih suka menyontek pada waktu ulangan |
Memiliki
kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
|
Waktu
saya banyak dihabiskan untuk bermain game atau games online |
Dapat
mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
|
Saya
sulit meminta maaf jika melakukan kesalahan terhadap orang lain |
Mudah
memberi maaf terhadap orang lain |
|
Saya
masih merasa belum memiliki rasa percaya diri |
Memiliki
rasa percaya diri |
|
Saya
belum tahu cara mengendalikan emosi |
Dapat
mengendalikan emosi |
|
Saya
belum tahu cara melakukan eksplorasi bakat secara mandiri |
Mengetahui
cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
|
Saya
masih sering mengalami sakit / alergi |
Memiliki
kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
|
Kondisi
keluarga saya sedang tidak harmonis |
Memiliki
keluarga yang harmonis |
|
Saya
sedang mempunyai masalah dengan anggauta keluarga di rumah |
Dapat
menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
|
Saya
merasa belum bisa menjadi pribadi yang mandiri |
Dapat
menjadi pribadi yang mandiri |
|
Saya
sering lupa waktu ketika bermain/membuka media sosial (fb, wa, instagram,
dll) |
Mengatur
waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
|
Saya
merasa sulit mengendalikan ketergantungan dengan handphone |
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
|
Saya
merasa tidak betah tinggal di rumah sendiri |
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
|
Saya
merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua |
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
|
Kata
maaf, tolong dan terimakasih kadang lupa saya ucapkan dalam pergaulan |
Melakukan
3 kata penting dalam pergaulan |
|
Saya
belum tahu tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja saat ini dan cara
mensikapinya |
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
|
SOSIAL |
Saya
sering beda pendapat dengan orang lain |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
Saya
sedang mempunyai masalah dengan teman di sekolah |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
|
Saya
belum tahu cara untuk menjaga persahabatan agar tetap langgeng |
Mampu
menjaga persahabatan dengan baik |
|
Saya
belum tahu tentang bullying dan cara mensikapinya |
Memiliki
pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
|
Saya
sukar bergaul dengan teman-teman di sekolah |
Mudah
bergaul dengan teman di sekolah |
|
Saya
merasa masih sedikit pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja |
Memiliki
pemahaman terhadap kesehatan produksi |
|
Saya
belum banyak tahu tentang dampak dari pacaran |
Memahami
dampak positif dan negatif dari pacaran |
|
Saya
malu jika membicarakan masalah seks dan pacar kepada orang tua |
Memiliki
keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif |
|
Saya
merasa malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis kelamin |
Memiliki
rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
|
Saya
merasa takut bertanya atau menjawab di kelas |
Memiliki
keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
|
BELAJAR |
Saya
belum paham yang harus dilakuan dengan adanya pemanasan global |
Memiliki
pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Saya
belum mengetahui banyak tentang jenis obat-obat terlarang serta dampaknya |
Memiliki
pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya |
|
Saya
belum tahu cara memilih lembaga bimbingan belajar |
Mengetahu
cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik |
|
Saya
merasa tidak memiliki semangat belajar |
Memiliki
semangat belajar |
|
Saya
belum tahu cara meraih prestasi di sekolah |
Mengetahui
cara meraih prestasi belajar disekolah |
|
Saya
belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
Memahami
gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
|
Saya
merasa kesulitan dalam memahami pelajaran |
Kemudahan
dalam memahami pelajaran |
|
Saya
belum terbiasa belajar bersama atau kelompok |
Memiliki
kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
|
Saya
merasa belum menenumkan cara belajar yang efektif |
Menemupkan
cara belajar yang baik dan efektif |
|
Saya
selalu malas untuk belajar di rumah |
Memiliki
semangat belajar di rumah sendiri |
|
KARIR |
Saya
belajarnya jika akan ada ulangan atau ujian saja |
Memiliki
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Orang
tua kurang peduli dengan kegiatan belajar saya |
Kesadaran
orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya |
|
Saya
belum bisa membuat peta pikiran (mind mapping) |
Mampu
membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi |
|
Saya
belum mengenal tentang macam-macam kecerdasan |
Mengenal
macam-macam kecerdasan dalam belajar |
|
Saya
belum paham cara kerja otak kiri dan otak kanan |
Memahami
cara kerja otak kiri dan otak kanan |
|
Saya
sering dimarahi orang tua karena boros |
Memiliki
sikap hemat |
|
Saya
tidak terbiasa menabung |
Memiliki
kebiasaan menabung |
|
Saya
kurang dapat menyalurkan bakat dan minat di sekolah |
Dapat
menyalurkan bakat dan minat |
|
Saya
belum tahu tentang prospek karir untuk setiap mapel |
Mengetahui
prospek karis setiap mata pelajaran |
|
Saya
belum banyak tahu tentang jenis-jenis profesi di masyarakat dan Prospeknya |
Mengetahui
jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
4. Rumus Kebutuhan
BIDANG LAYANAN |
RUMUSAN KEBUTUHAN |
TUJUAN LAYANAN |
PRIBADI |
Memiliki
Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Peserta
didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Memiliki
berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
Peserta
didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
|
Memahami
etika pergaulan teman sebaya |
Peserta
didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya |
|
Memilki
kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
Peserta
didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
|
Memiliki
kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
|
Dapat
mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
|
Mudah
memberi maaf terhadap orang lain |
Peserta
didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain |
|
Memiliki
rasa percaya diri |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri |
|
Dapat
mengendalikan emosi |
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan emosi |
|
Mengetahui
cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
|
Memiliki
kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
Peserta
didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
|
Memiliki
keluarga yang harmonis |
Peserta
didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis |
|
Dapat
menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
Peserta
didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
|
Dapat
menjadi pribadi yang mandiri |
Peserta
didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri |
|
Mengatur
waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
Peserta
didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
|
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
Peserta
didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone |
|
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
|
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
Peserta
didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup |
|
Melakukan
3 kata penting dalam pergaulan |
Peserta
didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan |
|
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat
menjauhinya |
|
SOSIAL |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
Peserta
didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
Peserta
didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi |
|
Mampu
menjaga persahabatan dengan baik |
Peserta
didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik |
|
Memiliki
pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
|
Mudah
bergaul dengan teman di sekolah |
Peserta
didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah |
|
Memiliki
pemahaman terhadap kesehatan produksi |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi |
|
Memahami
dampak positif dan negatif dari pacaran |
Peserta
didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran |
|
Memiliki
keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif |
Peserta
didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara
positif |
|
Memiliki
rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
|
Memiliki
keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
Peserta
didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
|
BELAJAR |
Memiliki
pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Memiliki
pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat
menjauhinya |
|
Mengetahu
cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang
baik |
|
Memiliki
semangat belajar |
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi |
|
Mengetahui
cara meraih prestasi belajar disekolah |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah |
|
Memahami
gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
Peserta
didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
|
Kemudahan
dalam memahami pelajaran |
Peserta
didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran |
|
Memiliki
kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
|
Menemupkan
cara belajar yang baik dan efektif |
Peserta
didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif |
|
Memiliki
semangat belajar di rumah sendiri |
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri |
|
KARIR |
Memiliki
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Kesadaran
orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya |
Peserta
didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya |
|
Mampu
membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi |
Peserta
didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan
prestasi |
|
Mengenal
macam-macam kecerdasan dalam belajar |
Peserta
didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar |
|
Memahami
cara kerja otak kiri dan otak kanan |
Peserta
didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan |
|
Memiliki
sikap hemat |
Peserta
didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup |
|
Memiliki
kebiasaan menabung |
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan menabung |
|
Dapat
menyalurkan bakat dan minat |
Peserta
didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat |
|
Mengetahui
prospek karis setiap mata pelajaran |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran |
|
Mengetahui
jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
5. Komponen
Program
Komponen program bimbigan dan konseling di SMP meliputi : (1) layanan
dasar, (2) layanan peminatan dan perencanaan individual, (3) Layanan Responsif,
dan (4) dukungan sistem.
Berdasarkan
hasil angket kebutuhan peserta didik, maka alokasi waktu komponen program adalah
sebagai berikut :
NO |
KOMPONEN PROGRAM |
NO |
MATERI / TOPIK / KEGIATAN |
JUMLAH LAYANAN |
PRO PORSI |
PERHITUNGAN
WAKTU/JAM |
1 |
Layanan Dasar |
1 |
Dahsyatnya
keutamaan bersyukur |
25 |
42% |
47% x 24 = 11,28 |
2 |
Sikap sopan
santun dalam kehidupan |
|||||
3 |
Etika
pergaulan dengan teman sebaya |
|||||
4 |
Tata tertib
sekolah |
|||||
5 |
Menyontek,
penyebab dan solusinya |
|||||
6 |
Dampak game
online |
|||||
7 |
Membangun
rasa peercaya diri |
|||||
8 |
Kecerdasan
emosi dan pengendalian diri |
|||||
9 |
Eksplorasi
bakat secara mandiri |
|||||
10 |
Menjaga
kesehatan |
|||||
11 |
Mandiri di
usia remaja |
|||||
12 |
Dampak
handphone medsos |
|||||
13 |
Stop bullying |
|||||
14 |
Kesehatan
reproduksi remaja |
|||||
15 |
Dampak
pacaran dikalangan remaja |
|||||
16 |
Pemanasan
global dan dampaknya |
|||||
17 |
Bahaya
narkoba dan dampaknya |
|||||
18 |
Cara memilih
lembaga bimbingan belajar yang baik |
|||||
19 |
Motivasi
berprestasi |
|||||
20 |
Strategi
belajar sesuai gaya belajar |
|||||
21 |
Belajar
Kelompok efektif |
|||||
22 |
Cara belajar
efektif dan efisien |
|||||
23 |
Mind mapping |
|||||
24 |
Kecerdasan
ganda |
|||||
25 |
Cara kerja
otak kiri dan otak kanan |
|||||
2 |
Layanan Peminatan dan Perencanaan
Individual Peserta Didik |
1 |
Masalah
memiliki sikap hemat |
5 |
8% |
14% x 24 = 3,36 |
2 |
Masalah memiliki
kebiasaan menabung |
|||||
3 |
Kemampuan
agar dapat menyalurkan bakat dan minat |
|||||
4 |
Prospek karir
setiap mapel |
|||||
5 |
Mengenal
profesi dan prospek karir |
|||||
3 |
Layanan Responsif |
1 |
Indahnya
saling memaafkan |
20 |
34% |
24%
x 24 = 5,76 |
2 |
Menjaga keharmonisan
keluarga |
|||||
3 |
Menyelesaikan
masalah dalm keluarga |
|||||
4 |
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
|||||
5 |
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
|||||
6 |
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
|||||
7 |
Melakukan 3
kata penting dalam pergaulan |
|||||
8 |
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
|||||
9 |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
|||||
10 |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
|||||
11 |
Mampu menjaga
persahabatan dengan baik |
|||||
12 |
Cara bergaul dengan
teman di sekolah |
|||||
13 |
Keterbukaan
dalam membicarakan masalah seks secara positif |
|||||
14 |
Rasa percaya
diri bergaul dengan lawan jenis |
|||||
15 |
Berani
bertanya dan menjawab di kelas |
|||||
16 |
Menumbuhkan
semangat belajar |
|||||
17 |
Cara mudah memahami
pelajaran |
|||||
18 |
Menumbuhkan
semangat belajar di rumah sendiri |
|||||
19 |
Menumbuhkan
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
|||||
20 |
Masalah orang tua untuk peduli pada kegiatan
belajar anaknya |
|||||
4 |
Dukungan Sistem |
1 |
Pengembangan
Jejaring |
9 |
15% |
15%
x 24 = 3,6 |
2 |
Kegiatan
Manajemen |
|||||
3 |
Pengembangan
staf |
|||||
4 |
Kunjungan
rumah |
|||||
5 |
Kolaborasi |
|||||
6 |
Pengembangan
Profesi Konselor |
|||||
|
a. In House
Training |
|||||
|
b. Pendidikan
Lanjut |
|||||
7 |
Penelitian
dan Pengembangan |
|||||
JUMLAH JAM |
59 |
100% |
24 |
6. Bidang
Layanan
Bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan mencakup empat bidang layanan, yaitu
a.Pribadi
b. social
c. belajar
d. karir.
7. Mengembankan Tema/ Topik Layanan
Tema/topik merupakan rincian lanjut dari
identifikasi deskripsi kebutuhan peserta didik/konseli dalam aspek perkembangan
pribadi, sosial, belajar dan karier yang akan dituangkan dalam RPL BK (Rencana
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling)
BIDANG LAYANAN |
RUMUSAN KEBUTUHAN |
TUJUAN LAYANAN |
TOPIK/TEMA |
PRIBADI |
Memiliki
Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Peserta
didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Dahsyatnya
keutamaan bersyukur |
Memiliki
berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
Peserta
didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
Sikap sopan
santun dalam kehidupan |
|
Memahami
etika pergaulan teman sebaya |
Peserta
didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya |
Etika
pergaulan dengan teman sebaya |
|
Memilki
kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
Peserta
didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
Tata tertib
sekolah |
|
Memiliki
kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
Menyontek,
penyebab dan solusinya |
|
Dapat
mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
Dampak game
online |
|
Mudah
memberi maaf terhadap orang lain |
Peserta
didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain |
Indahnya
saling memaafkan |
|
Memiliki
rasa percaya diri |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri |
Membangun
rasa peercaya diri |
|
Dapat
mengendalikan emosi |
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan emosi |
Kecerdasan
emosi dan pengendalian diri |
|
Mengetahui
cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
Eksplorasi
bakat secara mandiri |
|
Memiliki
kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
Peserta
didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
Menjaga
kesehatan |
|
Memiliki
keluarga yang harmonis |
Peserta
didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis |
Menjaga
keharmonisan keluarga |
|
Dapat
menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
Peserta
didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
Menyelesaikan
masalah dalm keluarga |
|
Dapat
menjadi pribadi yang mandiri |
Peserta
didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri |
Mandiri di
usia remaja |
|
Mengatur
waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
Peserta
didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
Dampak
handphone medsos |
|
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
Peserta
didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone |
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
|
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
|
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
Peserta
didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup |
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
|
Melakukan
3 kata penting dalam pergaulan |
Peserta
didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan |
Melakukan 3
kata penting dalam pergaulan |
|
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat
menjauhinya |
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
|
SOSIAL |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
Peserta
didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
Peserta
didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
|
Mampu
menjaga persahabatan dengan baik |
Peserta
didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik |
Mampu menjaga
persahabatan dengan baik |
|
Memiliki
pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
Stop bullying |
|
Mudah
bergaul dengan teman di sekolah |
Peserta
didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah |
Cara bergaul
dengan teman di sekolah |
|
Memiliki
pemahaman terhadap kesehatan produksi |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi |
Kesehatan
reproduksi remaja |
|
Memahami
dampak positif dan negatif dari pacaran |
Peserta
didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran |
Dampak
pacaran dikalangan remaja |
|
Memiliki
keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif |
Peserta
didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara
positif |
Keterbukaan
dalam membicarakan masalah seks secara positif |
|
Memiliki
rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
Rasa percaya
diri bergaul dengan lawan jenis |
|
Memiliki
keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
Peserta
didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
Berani
bertanya dan menjawab di kelas |
|
BELAJAR |
Memiliki
pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Pemanasan
global dan dampaknya |
Memiliki
pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat
menjauhinya |
Bahaya
narkoba dan dampaknya |
|
Mengetahu
cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang
baik |
Cara memilih
lembaga bimbingan belajar yang baik |
|
Memiliki
semangat belajar |
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi |
Menumbuhkan
semangat belajar |
|
Mengetahui
cara meraih prestasi belajar disekolah |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah |
Motivasi
berprestasi |
|
Memahami
gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
Peserta
didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
Strategi
belajar sesuai gaya belajar |
|
Kemudahan
dalam memahami pelajaran |
Peserta
didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran |
Cara mudah
memahami pelajaran |
|
Memiliki
kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
Belajar
Kelompok efektif |
|
Menemupkan
cara belajar yang baik dan efektif |
Peserta
didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif |
Cara belajar
efektif dan efisien |
|
Memiliki
semangat belajar di rumah sendiri |
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri |
Menumbuhkan
semangat belajar di rumah sendiri |
|
KARIR |
Memiliki
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Menumbuhkan
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Kesadaran
orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya |
Peserta
didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya |
Masalah orang tua untuk peduli pada kegiatan
belajar anaknya |
|
Mampu
membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi |
Peserta
didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan
prestasi |
Mind mapping |
|
Mengenal
macam-macam kecerdasan dalam belajar |
Peserta
didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar |
Kecerdasan
ganda |
|
Memahami
cara kerja otak kiri dan otak kanan |
Peserta
didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan |
Cara kerja
otak kiri dan otak kanan |
|
Memiliki
sikap hemat |
Peserta
didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup |
Masalah
memiliki sikap hemat |
|
Memiliki
kebiasaan menabung |
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan menabung |
Masalah
memiliki kebiasaan menabung |
|
Dapat
menyalurkan bakat dan minat |
Peserta
didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat |
Kemampuan
agar dapat menyalurkan bakat dan minat |
|
Mengetahui
prospek karis setiap mata pelajaran |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran |
Prospek karir
setiap mapel |
|
Mengetahui
jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
Mengenal
profesi dan prospek karir |
8. Rencana
Kegiatan / (Action Plan)
RENCANA
KEGIATAN (ACTION PLAN) BIMBINGAN DAN
KONSELING
BIDANG LAYANAN |
TUJUAN LAYANAN |
KOMPONEN PROGRAM |
STRATEGI LAYANAN |
KE LAS |
MATERI |
METODE |
MEDIA |
EVA LUASI |
EKUI VA LENSI |
PRIBADI |
Peserta
didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Dahsyatnya
keutamaan bersyukur |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
Peserta
didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Sikap
sopan santun dalam kehidupan |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Etika
pergaulan dengan teman sebaya |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah |
Dasar |
Kelas besar/lintas kelas |
VIII |
Tata
tertib sekolah |
Ceramah,tanya jawab |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Menyontek,
penyebab dan solusinya |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online |
Dasar |
Bimbingan kelompok |
VIII |
Dampak
game online |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Indahnya
saling memaafkan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Membangun
rasa peercaya diri |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengendalikan emosi |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Kecerdasan
emosi dan pengendalian diri |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Eksplorasi
bakat secara mandiri |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik |
Dasar |
Bimbingan kelompok |
VIII |
Menjaga
kesehatan |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Menjaga
keharmonisan keluarga |
Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Menyelesaikan
masalah dalm keluarga |
Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Mandiri
di usia remaja |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos) |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Dampak
handphone medsos |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Mengendalikan
ketergantungan pada handhone |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
SOSIAL |
Peserta
didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Merasa
nyaman,aman tinggal di rumah sendiri |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
Peserta
didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Memperoleh
perhatian orang tua yang cukup |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Melakukan
3 kata penting dalam pergaulan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat
menjauhinya |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Memiliki
pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Dapat
menghargai setiap perbedaan pendapat |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Mampu
menyelesaikan konflik pribadi |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Mampu
menjaga persahabatan dengan baik |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Stop
bullying |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Cara
bergaul dengan teman di sekolah |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Kesehatan
reproduksi remaja |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Dampak
pacaran dikalangan remaja |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara
positif |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Keterbukaan
dalam membicarakan masalah seks secara positif |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Rasa
percaya diri bergaul dengan lawan jenis |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
BELAJAR |
Peserta
didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Berani
bertanya dan menjawab di kelas |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Pemanasan
global dan dampaknya |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat
menjauhinya |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Bahaya
narkoba dan dampaknya |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang
baik |
Dasar |
Bimbingan kelompok |
VIII |
Cara
memilih lembaga bimbingan belajar yang baik |
Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Menumbuhkan
semangat belajar |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Motivasi
berprestasi |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Strategi
belajar sesuai gaya belajar |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Cara
mudah memahami pelajaran |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
|
|
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Belajar
Kelompok efektif |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Cara
belajar efektif dan efisien |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Menumbuhkan
semangat belajar di rumah sendiri |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Menumbuhkan
kesadaran untuk belajar dengan disiplin |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya |
Responsif |
Konseling Individu |
VIII |
Masalah orang tua untuk peduli pada kegiatan
belajar anaknya |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan
prestasi |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Mind
mapping |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Kecerdasan
ganda |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan |
Dasar |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Cara
kerja otak kiri dan otak kanan |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
KARIR |
Peserta
didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup |
Pem&Perenc Indv |
Konseling Individu |
VIII |
Masalah
memiliki sikap hemat |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
Peserta
didik/konseli memiliki kebiasaan menabung |
Pem&Perenc Indv |
Konseling Individu |
VIII |
Masalah
memiliki kebiasaan menabung |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat |
Pem&Perenc Indv |
Konseling Individu |
VIII |
Kemampuan
agar dapat menyalurkan bakat dan minat |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Disesuaikan dengan pendekatan yang
digunakan |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran |
Pem&Perenc Indv |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Prospek
karir setiap mapel |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
|
Peserta
didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat |
Pem&Perenc Indv |
Bimbingan Klasikal |
VIII |
Mengenal
profesi dan prospek karir |
Ceramah, Diskusi |
Slide Power Point |
Proses dan Hasil |
2 Jam |
No comments:
Post a Comment