NEWS

Selamat datang di blog Bimbingan Konseling SMP Negeri 23 Muaro Jambi

Thursday, October 1, 2020

Contoh Analisis Kurikulum Bimbingan Konseling

 Untuk melakukan Analisis Kurikulum Bimbingan dan Konseling tentunya kita sebagai guru harus menyebarkan angket DKPD (Data Kebutuhan Peserta Didik) terlebih dahulu yang bisa kita lakukan secara manual atau secara online menggunakan goole form, dari hasil angket itulah kemudian kita lakukan analisis terhadap hasil yang kita peroleh dari data yang telah diisi oleh peserta didik yang merupakan kurikulum BK. Karena BK tidak punya kurikulum seperti mata pelajaran pada umumnya. Dari hasil analisis itu kita akan mengetahui apa menjadi kebutuhan peserta didik kita. Berikut ini adalah contoh analisis yang bisa dijadikan referensi oleh bpak ibu guru BK.


ANALISIS KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN

PERANGKAT PEMBELAJARAN

1.         Profil kelas dari hasil analisa Angket Kebutuhan Peserta Didik

NO

BUTIR  ANGKET KEBUTUHAN

PESERTA DIDIK

JML RESPONDEN

PRO

SEN

TASE

PRIO

RITAS

WAKTU LAYANAN (BULAN)

BIDANG LAYANAN

PRIBADI

SOSIAL

BELAJAR

KARIR

27

Saya belum banyak tahu tentang dampak dari pacaran

29

3,53%

Tinggi

Juli

247

242

239

93

14

Saya merasa belum bisa menjadi pribadi yang mandiri

27

3,29%

Tinggi

Juli

30,09%

29,48%

29,11%

11,33%

20

Saya belum tahu tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja saat ini dan cara mensikapinya

27

3,29%

Tinggi

Juli

1

Saya kadang lupa bersyukur atas nikmat dan karunia dari Tuhan YME

26

3,17%

Tinggi

Agustus

3

Saya merasa belum paham etika yang baik dan benar dalam pergaulan teman sebaya

26

3,17%

Tinggi

Agustus

7

Saya sulit meminta maaf jika mela-

kukan kesalahan terhadap orang lain

26

3,17%

Tinggi

Agustus

35

Saya belum tahu cara meraih prestasi di sekolah

26

3,17%

Tinggi

Agustus

39

Saya merasa belum menenumkan cara belajar yang efektif

26

3,17%

Tinggi

September

47

Saya tidak terbiasa menabung

26

3,17%

Tinggi

September

9

Saya belum tahu cara mengendalikan emosi

25

3,05%

Tinggi

September

10

Saya belum tahu cara melakukan eksplorasi bakat secara mandiri

25

3,05%

Tinggi

September

41

Saya belajarnya jika akan ada ulangan atau ujian saja

25

3,05%

Tinggi

Oktober

50

Saya belum banyak tahu tentang jenis-jenis profesi di masyarakat dan Prospeknya

25

3,05%

Tinggi

Oktober

16

Saya merasa sulit mengendalikan ketergantungan dengan handphone

24

2,92%

Tinggi

Oktober

19

Kata maaf, tolong dan terimakasih kadang lupa saya ucapkan dalam pergaulan

24

2,92%

Tinggi

Oktober

22

Saya sedang mempunyai masalah dengan teman di sekolah

24

2,92%

Tinggi

Nopember

17

Saya merasa tidak betah tinggal di rumah sendiri

23

2,80%

Tinggi

Nopember

18

Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua

23

2,80%

Tinggi

Nopember

21

Saya sering beda pendapat dengan orang lain

23

2,80%

Tinggi

Nopember

25

Saya sukar bergaul dengan teman-teman di sekolah

23

2,80%

Tinggi

Desember

30

Saya merasa takut bertanya atau menjawab di kelas

23

2,80%

Tinggi

Desember

31

Saya belum paham yang harus dilakuan dengan adanya pemanasan global

22

2,68%

Tinggi

Desember

48

Saya kurang dapat menyalurkan bakat dan minat di sekolah

22

2,68%

Tinggi

Desember

2

Saya kadang lupa untuk berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

21

2,56%

Tinggi

Desember

29

Saya merasa malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis kelamin

21

2,56%

Tinggi

Januari

38

Saya belum terbiasa belajar bersama atau kelompok

19

2,31%

Tinggi

Januari

43

Saya belum bisa membuat peta pikiran (mind mapping)

15

1,83%

Sedang

Januari

26

Saya merasa masih sedikit pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja

10

1,22%

Sedang

Januari

32

Saya belum mengetahui banyak tentang jenis obat-obat  terlarang serta dampaknya

10

1,22%

Sedang

Februari

33

Saya belum tahu cara memilih lembaga bimbingan belajar

10

1,22%

Sedang

Februari

36

Saya belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

10

1,22%

Sedang

Februari

40

Saya selalu malas untuk belajar di rumah

10

1,22%

Sedang

Februari

44

Saya belum mengenal tentang macam-macam kecerdasan

10

1,22%

Sedang

Maret

46

Saya sering dimarahi orang tua karena boros

10

1,22%

Sedang

Maret

49

Saya belum tahu tentang prospek karir untuk setiap mapel

10

1,22%

Sedang

Maret

8

Saya masih merasa belum memiliki rasa percaya diri

9

1,10%

Sedang

Maret

37

Saya merasa kesulitan dalam memahami pelajaran

9

1,10%

Sedang

April

42

Orang tua kurang peduli dengan kegiatan belajar saya

9

1,10%

Sedang

April

45

Saya belum paham cara kerja otak kiri dan otak kanan

9

1,10%

Sedang

April

4

Saya merasa sulit mematuhi tata tertib di sekolah

8

0,97%

Rendah

April

13

Saya sedang mempunyai masalah dengan anggauta keluarga di rumah

8

0,97%

Rendah

Mei

6

Waktu saya banyak dihabiskan untuk bermain game atau games online

7

0,85%

Rendah

Mei

28

Saya malu jika membicarakan masalah seks dan pacar kepada orang tua

7

0,85%

Rendah

Mei

34

Saya merasa tidak memiliki semangat belajar

6

0,73%

Rendah

Mei

15

Saya sering lupa waktu ketika bermain/membuka media sosial (fb, wa, instagram, dll)

5

0,61%

Rendah

Juni

24

Saya belum tahu tentang bullying dan cara mensikapinya

5

0,61%

Rendah

Juni

12

Kondisi keluarga saya sedang tidak harmonis

4

0,49%

Rendah

Juni

5

Kadang-kadang saya masih suka menyontek pada waktu ulangan

3

0,37%

Rendah

11

Saya masih sering mengalami sakit / alergi

3

0,37%

Rendah

23

Saya belum tahu cara untuk menjaga persahabatan agar tetap langgeng

3

0,37%

Rendah

2.    Profil Peserta Didik dari Hasil Angket Kebutuhan Peserta Didik

 

NOMOR

NAMA SISWA

L/P

JUMLAH MASALAH

%

Urut

Kode

Induk

1

K32

6399

Eka sevianda

L

40

80,0%

2

K1

6368

Natasya Rasty

L

33

66,0%

3

K8

6375

Trio putra medika

L

32

64,0%

4

K4

6371

Sulaiman

L

31

62,0%

5

K18

6385

Jihan nova clarissa putri

L

31

62,0%

6

K12

6379

Robaul Nurul Jannah

P

30

60,0%

7

K14

6381

Restu Dwi Oktaviani

L

30

60,0%

8

K17

6384

Dini apriani

P

30

60,0%

9

K3

6370

Shint1 dara eriavahira

L

28

56,0%

10

K23

6390

Saskiya nurmaya sari

P

28

56,0%

11

K5

6372

Ayu Astuti

P

27

54,0%

12

K6

6373

Tirta raka yudda

P

27

54,0%

13

K11

6378

Mona Erika

P

26

52,0%

14

K15

6382

Dike Mutiara Isnaini

P

26

52,0%

15

K20

6387

Fachriza wulan sunjaya

P

26

52,0%

16

K2

6369

Regal wildan arohman

P

25

50,0%

17

K7

6374

Arjuna saputra

P

25

50,0%

18

K9

6376

Restiani zahra

L

25

50,0%

19

K21

6388

Putri Rahmawati

P

25

50,0%

20

K29

6396

Arjuna aditya saputra

L

25

50,0%

21

K10

6377

Agung hermawan

L

24

48,0%

22

K22

6389

Abd Ja'far ARDI1NS1H

L

24

48,0%

23

K26

6393

ADI SAKLIA ZAHRA

L

24

48,0%

24

K13

6380

TIARA PUTRI SILVIA1NI

L

22

44,0%

25

K16

6383

DIKA ANDIKA WIDIANTO

L

22

44,0%

26

K25

6392

REVASAMARMATA

L

22

44,0%

27

K19

6386

Naszla halfaira

L

21

42,0%

28

K24

6391

Siti padia ayunda putri

L

20

40,0%

29

K27

6394

Nafila afifa

P

20

40,0%

30

K31

6398

Irmawati Br Hombing

P

19

38,0%

31

K30

6397

Endri sofiah

P

17

34,0%

32

K28

6395

Inayah

P

16

32,0%

33

K33

0

0

0

0,0%

 

Berdasarkan profil kelas dari hasil angket  di atas, permasalahan tertinggi terdapat pada bidang pribadi sebesar  30,09%,  diikuti  oleh  bidang  sosial   sebesar  29,40%,  bidang  belajar sebesar 29,11% & dan bidang karier sebesar 11,30%. Adapun butir masalah yang paling tinggi adalah tentang belum banyak teman atau sahabat yang dipilih oleh 29  konseli, diikuti oleh keinginan untuk menjadi pribadi mandiri  sebanyak  27  konseli,  etika yang baik dalam pergaulan sebanyak 26 orang. Sementara peserta didik yang paling banyak memilih item masalah adalahEka sevianda” (40 butir) danNatasya Rasty”  (33 butir).

 

3.   Deskripsi Kebutuhan dari Hasil Asesmen

BIDANG LAYANAN

 ASSESMEN KEBUTUHAN

RUMUSAN KEBUTUHAN

PRIBADI

Saya kadang lupa bersyukur atas nikmat dan karunia dari Tuhan YME

Memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Saya kadang lupa untuk berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Saya merasa belum paham etika yang baik dan benar dalam pergaulan teman sebaya

Memahami etika pergaulan teman sebaya

Saya merasa sulit mematuhi tata tertib di sekolah

Memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Kadang-kadang saya masih suka menyontek pada waktu ulangan

Memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Waktu saya banyak dihabiskan untuk bermain game atau games online

Dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Saya sulit meminta maaf jika melakukan kesalahan terhadap orang lain

Mudah memberi maaf terhadap orang lain

Saya masih merasa belum memiliki rasa percaya diri

Memiliki rasa percaya diri

Saya belum tahu cara mengendalikan emosi

Dapat mengendalikan emosi

Saya belum tahu cara melakukan eksplorasi bakat secara mandiri

Mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Saya masih sering mengalami sakit / alergi

Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Kondisi keluarga saya sedang tidak harmonis

Memiliki keluarga yang harmonis

Saya sedang mempunyai masalah dengan anggauta keluarga di rumah

Dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Saya merasa belum bisa menjadi pribadi yang mandiri

Dapat menjadi pribadi yang mandiri

Saya sering lupa waktu ketika bermain/membuka media sosial (fb, wa, instagram, dll)

Mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Saya merasa sulit mengendalikan ketergantungan dengan handphone

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

Saya merasa tidak betah tinggal di rumah sendiri

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Saya merasa tidak pernah di perhatikan dari orang tua

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Kata maaf, tolong dan terimakasih kadang lupa saya ucapkan dalam pergaulan

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Saya belum tahu tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja saat ini dan cara mensikapinya

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

SOSIAL

Saya sering beda pendapat dengan orang lain

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Saya sedang mempunyai masalah dengan teman di sekolah

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

Saya belum tahu cara untuk menjaga persahabatan agar tetap langgeng

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

Saya belum tahu tentang bullying dan cara mensikapinya

Memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Saya sukar bergaul dengan teman-teman di sekolah

Mudah bergaul dengan teman di sekolah

Saya merasa masih sedikit pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja

Memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Saya belum banyak tahu tentang dampak dari pacaran

Memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Saya malu jika membicarakan masalah seks dan pacar kepada orang tua

Memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Saya merasa malu jika bergaul dengan teman yang beda jenis kelamin

Memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Saya merasa takut bertanya atau menjawab di kelas

Memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

BELAJAR

Saya belum paham yang harus dilakuan dengan adanya pemanasan global

Memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Saya belum mengetahui banyak tentang jenis obat-obat  terlarang serta dampaknya

Memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Saya belum tahu cara memilih lembaga bimbingan belajar

Mengetahu cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Saya merasa tidak memiliki semangat belajar

Memiliki semangat belajar

Saya belum tahu cara meraih prestasi di sekolah

Mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Saya belum paham tentang gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Saya merasa kesulitan dalam memahami pelajaran

Kemudahan dalam memahami pelajaran

Saya belum terbiasa belajar bersama atau kelompok

Memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Saya merasa belum menenumkan cara belajar yang efektif

Menemupkan cara belajar yang baik dan efektif

Saya selalu malas untuk belajar di rumah

Memiliki semangat belajar di rumah sendiri

KARIR

Saya belajarnya jika akan ada ulangan atau ujian saja

Memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Orang tua kurang peduli dengan kegiatan belajar saya

Kesadaran orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

Saya belum bisa membuat peta pikiran (mind mapping)

Mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Saya belum mengenal tentang macam-macam kecerdasan

Mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Saya belum paham cara kerja otak kiri dan otak kanan

Memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Saya sering dimarahi orang tua karena boros

Memiliki sikap hemat

Saya tidak terbiasa menabung

Memiliki kebiasaan menabung

Saya kurang dapat menyalurkan bakat dan minat di sekolah

Dapat menyalurkan bakat dan minat

Saya belum tahu tentang prospek karir untuk setiap mapel

Mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Saya belum banyak tahu tentang jenis-jenis profesi di masyarakat dan Prospeknya

Mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

 

 

4. Rumus Kebutuhan

 

BIDANG LAYANAN

RUMUSAN KEBUTUHAN

TUJUAN LAYANAN

PRIBADI

Memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Peserta didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Peserta didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Memahami etika pergaulan teman sebaya

Peserta didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya

Memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Peserta didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Mudah memberi maaf terhadap orang lain

Peserta didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain

Memiliki rasa percaya diri

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri

Dapat mengendalikan emosi

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan emosi

Mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Peserta didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Memiliki keluarga yang harmonis

Peserta didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis

Dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Peserta didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Dapat menjadi pribadi yang mandiri

Peserta didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri

Mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Peserta didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

Peserta didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Peserta didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Peserta didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Peserta didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

SOSIAL

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Peserta didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

Peserta didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

Peserta didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik

Memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Mudah bergaul dengan teman di sekolah

Peserta didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah

Memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Peserta didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Peserta didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

Peserta didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

BELAJAR

Memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Mengetahu cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Memiliki semangat belajar

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi

Mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Peserta didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Kemudahan dalam memahami pelajaran

Peserta didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran

Memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Menemupkan cara belajar yang baik dan efektif

Peserta didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif

Memiliki semangat belajar di rumah sendiri

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri

KARIR

Memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Kesadaran orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

Peserta didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya

Mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Peserta didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Peserta didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Peserta didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Memiliki sikap hemat

Peserta didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup

Memiliki kebiasaan menabung

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan menabung

Dapat menyalurkan bakat dan minat

Peserta didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat

Mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Peserta didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

Peserta didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

 

 

5. Komponen Program

 

Komponen program bimbigan dan konseling di SMP meliputi : (1) layanan dasar, (2) layanan peminatan dan perencanaan individual, (3) Layanan Responsif, dan (4) dukungan sistem.

Berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik, maka alokasi waktu komponen program adalah sebagai berikut :

NO

KOMPONEN PROGRAM

NO

MATERI / TOPIK / KEGIATAN

JUMLAH LAYANAN

PRO

PORSI

PERHITUNGAN WAKTU/JAM

1

Layanan Dasar

1

Dahsyatnya keutamaan bersyukur

25

42%

47%  x 24 = 11,28

2

Sikap sopan santun dalam kehidupan

3

Etika pergaulan dengan teman sebaya

4

Tata tertib sekolah

5

Menyontek, penyebab dan solusinya

6

Dampak game online

7

Membangun rasa peercaya diri

8

Kecerdasan emosi dan pengendalian diri

9

Eksplorasi bakat secara mandiri

10

Menjaga kesehatan

11

Mandiri di usia remaja

12

Dampak handphone medsos

13

Stop bullying

14

Kesehatan reproduksi remaja

15

Dampak pacaran dikalangan remaja

16

Pemanasan global dan dampaknya

17

Bahaya narkoba dan dampaknya

18

Cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

19

Motivasi berprestasi

20

Strategi belajar sesuai gaya belajar

21

Belajar Kelompok efektif

22

Cara belajar efektif dan efisien

23

Mind mapping

24

Kecerdasan ganda

25

Cara kerja otak kiri dan otak kanan

2

Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual Peserta Didik

1

Masalah memiliki sikap hemat

5

8%

14%  x 24 = 3,36

2

Masalah memiliki kebiasaan menabung

3

Kemampuan agar dapat  menyalurkan bakat dan minat

4

Prospek karir setiap mapel

5

Mengenal profesi dan prospek karir

3

Layanan Responsif

1

Indahnya saling memaafkan

20

34%

24% x 24 = 5,76

2

Menjaga keharmonisan keluarga

3

Menyelesaikan masalah dalm keluarga

4

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

5

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

6

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

7

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

8

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

9

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

10

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

11

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

12

Cara bergaul dengan teman di sekolah

13

Keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

14

Rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

15

Berani bertanya dan menjawab di kelas

16

Menumbuhkan semangat belajar

17

Cara mudah memahami pelajaran

18

Menumbuhkan semangat belajar di rumah sendiri

19

Menumbuhkan kesadaran untuk belajar dengan disiplin

20

Masalah  orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

4

Dukungan Sistem

1

Pengembangan Jejaring

9

15%

15% x 24 = 3,6

2

Kegiatan Manajemen

3

Pengembangan staf

4

Kunjungan rumah

5

Kolaborasi

6

Pengembangan Profesi Konselor

 

a. In House Training

 

b. Pendidikan Lanjut

7

Penelitian dan Pengembangan

JUMLAH JAM

59

100%

24

 

6. Bidang Layanan

 

     Bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan mencakup empat bidang layanan, yaitu

a.Pribadi

b.   social

c.  belajar

d.  karir.

 

 

7. Mengembankan Tema/ Topik Layanan

 

Tema/topik merupakan rincian lanjut dari identifikasi deskripsi kebutuhan peserta didik/konseli dalam aspek perkembangan pribadi, sosial, belajar dan karier yang akan dituangkan dalam RPL BK (Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling)

 

BIDANG LAYANAN

RUMUSAN KEBUTUHAN

TUJUAN LAYANAN

TOPIK/TEMA

PRIBADI

Memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Peserta didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Dahsyatnya keutamaan bersyukur

Memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Peserta didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Sikap sopan santun dalam kehidupan

Memahami etika pergaulan teman sebaya

Peserta didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya

Etika pergaulan dengan teman sebaya

Memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Peserta didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Tata tertib sekolah

Memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Menyontek, penyebab dan solusinya

Dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Dampak game online

Mudah memberi maaf terhadap orang lain

Peserta didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain

Indahnya saling memaafkan

Memiliki rasa percaya diri

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri

Membangun rasa peercaya diri

Dapat mengendalikan emosi

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan emosi

Kecerdasan emosi dan pengendalian diri

Mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Eksplorasi bakat secara mandiri

Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Peserta didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Menjaga kesehatan

Memiliki keluarga yang harmonis

Peserta didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis

Menjaga keharmonisan keluarga

Dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Peserta didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Menyelesaikan masalah dalm keluarga

Dapat menjadi pribadi yang mandiri

Peserta didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri

Mandiri di usia remaja

Mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Peserta didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Dampak handphone medsos

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

Peserta didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Peserta didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Peserta didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Peserta didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

SOSIAL

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Peserta didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

Peserta didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

Peserta didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

Memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Stop bullying

Mudah bergaul dengan teman di sekolah

Peserta didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah

Cara bergaul dengan teman di sekolah

Memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Kesehatan reproduksi remaja

Memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Peserta didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Dampak pacaran dikalangan remaja

Memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Peserta didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

Peserta didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

Berani bertanya dan menjawab di kelas

BELAJAR

Memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Pemanasan global dan dampaknya

Memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Bahaya narkoba dan dampaknya

Mengetahu cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Memiliki semangat belajar

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi

Menumbuhkan semangat belajar

Mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Motivasi berprestasi

Memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Peserta didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Strategi belajar sesuai gaya belajar

Kemudahan dalam memahami pelajaran

Peserta didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran

Cara mudah memahami pelajaran

Memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Belajar Kelompok efektif

Menemupkan cara belajar yang baik dan efektif

Peserta didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif

Cara belajar efektif dan efisien

Memiliki semangat belajar di rumah sendiri

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri

Menumbuhkan semangat belajar di rumah sendiri

KARIR

Memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Menumbuhkan kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Kesadaran orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

Peserta didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya

Masalah  orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

Mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Peserta didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Mind mapping

Mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Peserta didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Kecerdasan ganda

Memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Peserta didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Cara kerja otak kiri dan otak kanan

Memiliki sikap hemat

Peserta didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup

Masalah memiliki sikap hemat

Memiliki kebiasaan menabung

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan menabung

Masalah memiliki kebiasaan menabung

Dapat menyalurkan bakat dan minat

Peserta didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat

Kemampuan agar dapat  menyalurkan bakat dan minat

Mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Peserta didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Prospek karir setiap mapel

Mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

Peserta didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

Mengenal profesi dan prospek karir

 

 

8. Rencana Kegiatan / (Action Plan)

 


RENCANA KEGIATAN (ACTION PLAN) BIMBINGAN DAN KONSELING

BIDANG LAYANAN

TUJUAN LAYANAN

KOMPONEN PROGRAM

STRATEGI LAYANAN

KE

LAS

MATERI

METODE

MEDIA

EVA

LUASI

EKUI

VA

LENSI

PRIBADI

Peserta didik/konseli memiliki Kesadaran untuk selalu bersyukur pada Tuhan YME

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Dahsyatnya keutamaan bersyukur

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki berprilaku sopan dan santun dalam kehidupan

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Sikap sopan santun dalam kehidupan

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat memahami etika pergaulan teman sebaya

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Etika pergaulan dengan teman sebaya

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memilki kesadaran untuk mematuhi tata tertib di sekolah

Dasar

Kelas besar/lintas kelas

VIII

Tata tertib sekolah

Ceramah,tanya jawab

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk menjauhi perbuatan menyontek

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Menyontek, penyebab dan solusinya

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan ketergantungan pada game/games online

Dasar

Bimbingan kelompok

VIII

Dampak game online

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu memberi maaf terhadap orang lain

Responsif

Konseling Individu

VIII

Indahnya saling memaafkan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Membangun rasa peercaya diri

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengendalikan emosi

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Kecerdasan emosi dan pengendalian diri

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara mengeksplorasi bakat secara mandiri

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Eksplorasi bakat secara mandiri

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Dasar

Bimbingan kelompok

VIII

Menjaga kesehatan

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki keluarga yang harmonis

Responsif

Konseling Individu

VIII

Menjaga keharmonisan keluarga

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan

Responsif

Konseling Individu

VIII

Menyelesaikan masalah dalm keluarga

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat menjadi pribadi yang mandiri

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Mandiri di usia remaja

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengatur waktu penggunaan pada media sosial (medsos)

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Dampak handphone medsos

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu mengendalikan ketergantungan pada handhone

Responsif

Konseling Individu

VIII

Mengendalikan ketergantungan pada handhone

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

SOSIAL

Peserta didik/konseli memiliki rasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Responsif

Konseling Individu

VIII

Merasa nyaman,aman tinggal di rumah sendiri

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Responsif

Konseling Individu

VIII

Memperoleh perhatian orang tua yang cukup

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Responsif

Konseling Individu

VIII

Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

Responsif

Konseling Individu

VIII

Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan dapat menjauhinya

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Responsif

Konseling Individu

VIII

Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu menyelesaikan konflik pribadi

Responsif

Konseling Individu

VIII

Mampu menyelesaikan konflik pribadi

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu menjaga persahabatan dengan baik

Responsif

Konseling Individu

VIII

Mampu menjaga persahabatan dengan baik

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman dan mampu melawan tindakan bullying

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Stop bullying

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mudah bergaul dengan teman di sekolah

Responsif

Konseling Individu

VIII

Cara bergaul dengan teman di sekolah

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap kesehatan produksi

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Kesehatan reproduksi remaja

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif dari pacaran

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Dampak pacaran dikalangan remaja

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Responsif

Konseling Individu

VIII

Keterbukaan dalam membicarakan masalah seks secara positif

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Responsif

Konseling Individu

VIII

Rasa percaya diri bergaul dengan lawan jenis

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

BELAJAR

Peserta didik/konseli memiliki keberanian bertanya dan menjawab di kelas

Responsif

Konseling Individu

VIII

Berani bertanya dan menjawab di kelas

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman terhadap pemanasan global dan mensikapinya

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Pemanasan global dan dampaknya

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki pemahaman tentang obat-obat terlarang dan dapat menjauhinya

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Bahaya narkoba dan dampaknya

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Dasar

Bimbingan kelompok

VIII

Cara memilih lembaga bimbingan belajar yang baik

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar yang tinggi

Responsif

Konseling Individu

VIII

Menumbuhkan semangat belajar

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengetahui cara meraih prestasi belajar disekolah

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Motivasi berprestasi

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat memahami gaya belajar dan strategi yang sesuai dengannya

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Strategi belajar sesuai gaya belajar

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki Kemudahan dalam memahami pelajaran

Responsif

Konseling Individu

VIII

Cara mudah memahami pelajaran

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan untuk belajar kelompok dengan baik

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Belajar Kelompok efektif

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat menemukan cara belajar yang baik dan efektif

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Cara belajar efektif dan efisien

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki semangat belajar di rumah sendiri

Responsif

Konseling Individu

VIII

Menumbuhkan semangat belajar di rumah sendiri

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Responsif

Konseling Individu

VIII

Menumbuhkan kesadaran untuk belajar dengan disiplin

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki orang tua yang peduli pada kegiatan belajar anaknya

Responsif

Konseling Individu

VIII

Masalah  orang tua untuk peduli pada kegiatan belajar anaknya

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli mampu membuat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan prestasi

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Mind mapping

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengenal macam-macam kecerdasan dalam belajar

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Kecerdasan ganda

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat memahami cara kerja otak kiri dan otak kanan

Dasar

Bimbingan Klasikal

VIII

Cara kerja otak kiri dan otak kanan

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

KARIR

Peserta didik/konseli memiliki sikap hemat dalam hidup

Pem&Perenc Indv

Konseling Individu

VIII

Masalah memiliki sikap hemat

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli memiliki kebiasaan menabung

Pem&Perenc Indv

Konseling Individu

VIII

Masalah memiliki kebiasaan menabung

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat menyalurkan bakat dan minat

Pem&Perenc Indv

Konseling Individu

VIII

Kemampuan agar dapat  menyalurkan bakat dan minat

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengetahui prospek karis setiap mata pelajaran

Pem&Perenc Indv

Bimbingan Klasikal

VIII

Prospek karir setiap mapel

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

Peserta didik/konseli dapat mengetahui jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat

Pem&Perenc Indv

Bimbingan Klasikal

VIII

Mengenal profesi dan prospek karir

Ceramah, Diskusi

Slide Power Point

Proses dan Hasil

2 Jam

 

 Bagi bapak ibu yang berminat sailahkan diunduh secara Gratis, Unduh

    

     


 


No comments: