RPL BK Daring ini dibagiakan sebagai contoh dan hanya digunakan sebagai referensi bagi rekan-rekan guru Bimbingan Konseling (BK). RPL terdiri dari tiga jenis layanan, yaitu bimbingan Klasikal, bimbingan kelompok dan konseling Individu dengan topik atau tema yang sama , "Menggunakan Media sosial dengan Bijak". Di samping itu dalam file ini juga dilengkapi dengan bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Evaluasi, dan Video.
DINAS PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
SMPN
23 MUARO JAMBI
Jl. Petaling Km 13 Sungai Gelam Kode Pos : 36668
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN DARING
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
Satuan Pedidikan |
: |
SMP Negeri 23 Muaro Jambi |
Komponen |
: |
Layanan Dasar |
Bidang Layanan |
: |
Pribadi |
Topik / Tema
Layanan |
: |
Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak |
Kelas / Semester |
: |
IX / Ganjil |
Alokasi Waktu |
: |
1 x 40 menit |
|
Tujuan umum Menganalisis kegiatan yang dikategorikan positif dalam penggunaan
media sosial |
1. |
Tujuan Layanan 1.
Mengidentifikasi
berbagai
macam perilaku yang menyimpang dalam bermedsos (C1) 2.
Menjelaskan cara
penggunaan media sosial dengan
bijak (C2) 3.
Mengklasifikasi
perilaku
bijak dalam penggunaan media sosial (C3) 4.
Menganalisis kegiatan
yang dikategorikan positif dalam penggunaan media sosial (C4) |
2. |
Metode,
Alat dan Media 1. Metode :
Daring 2. Alat / Media : HP, Laptop, video, goole form, WAG,email |
3. |
Langkah-langkah Kegiatan Layanan Tahap
Awal/Pendahuluan 1. Membuka dengan salam dan berdoa di group whatsApp kelas 2. Membina hubungan baik dengan peserta didik di dalam
group WhatsApp 3. Menyampaikan tujuan layanan sehubungan dengan materi
yang akan disampaikan 4.
Menanyakaan
kesiapan kepada peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan daring Tahap
Inti 1.
Menampilkan materi
layanan berupa video
melalui link https://drive.google.com/file/d/114UVtlVsz8b_mcEiZiszXdBAK7y2eczO/view?usp=sharing ditampilkan Ke group 2. siswa
membuka link dan menyaksikan video sesuai waktu yang ditentukan 3. Curah pendapat dan Tanya jawab sekitar materi dalam
tayangan video 4. siswa yang
kurang faham akan diberi kesempatan bertanya dengan cara memunculkan emoji
tangan 5. Menampilkan beberapa flyer yang ada hubungannya dengan
materi layanan 6. Memberi kesempatan kepada 2-3 anak untuk berkomentar
dengan microphone whatsApp
dan dikirim di group Tahap Penutup 1. Membuat kesimpulan terkait materi layanan 2. Membagikan link google formulir di https://forms.gle/DETpBnbYU8wDRZuGA yang berisi
umpan balik dari layanan hari ini 3.
Menyampaikan
rencana layanan yang akan datang Kegiatan diakhiri dengan doa dan salam |
4. |
Evaluasi 1.
Evaluasi Proses : Menyimak
proses jalannya layanan via whatsApp group tentang sikap dan keaktifan
para peserta dalam mengikuti layanan.. 2. Evaluasi Hasil : Evaluasi
dari hasil layanan ini akan dilakukan secara daring melalui link google formulir di https://forms.gle/WZzta2YXQQHYgmS46 yang akan diisi anggota group |
Mengetahui Sungai
Gelam, September 2020
Kepala
Sekolah Guru
BK
Jurman, S.Pd A. Rauf, S.Pd
NIP. NIP.
MATERI AJAR
MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DEGAN BIJAK
Media sosial sudah
lekat dengan kehidupan kaum milenial. Segala hal dibagikan di media sosial
mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat
personal.
Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh
karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan
bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya
jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih.
Tapi tak jarang juga
sosial media menjadi ajang curhat si pemiliknya sehingga seluruh dunia bahkan
orang yang tidak dikenal akan tahu perasaan atau masalah yang tengah dilaluinya
saat itu.
Padahal dalam menggunakan media sosial, kita harus bijak dan bisa memilah
apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain. Agar aman dan
nyaman bersosial media, yuk lakukan 7 tips menggunakan media sosial dengan
bijak berikut ini :
1. Tidak
share info pribadi
Berhati-hatilah
dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi
tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu dan lain
sebagainya yang sangat pribadi.
Jangan
sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak
bertanggungjawab melalu media sosial.
2. Jaga inner circle
Periksa
lagi siapa follower atau temanmu
di media sosial. Sebaiknya jangan menerima permintaan pertemanan
dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga inner circle-mu
dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan baik.
3. Jaga etika
Dalam
bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk
bersosialisasi melalui media sosial.
Citra
diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi
tetap jaga etikamu sebaik mungkin.
4. No SARA No HOAX
Pastikan
konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA
dan HOAX. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang di lakukan berdasarkan
sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar
golongan.
Sementara
HOAX adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.
5. Cantumkan sumber konten
Jangan
lupa untuk selalu mencantumkan sumber atas konten yang kamu bagikan apabila itu
merupakan hasil karya orang lain. Kamu bisa dituduh plagiat atau mencuri konten
orang lain jika posting gambar atau quote tanpa menyebutkan sumber aslinya.
6. Sarana pengembangan diri
Jadikan
media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat
membagikan hasil karyamu, ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga
bisa menimba ilmu melalui sosial media dengan mengikuti kelas online maupun follow akun
yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.
7. Bangun jaringan
Manfaatkan
sosial media untuk membangun jaringan. Baik itu dalam hal pekerjaan, bisnis
maupun persahabatan. Bila kamu ingin merintis suatu usaha, gunakan sosial media
untuk memperbesar bisnismu. Salah satunya dengan cara membangun jaringan
dengan follower-mu.
Nah itulah 7 tips menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan tips ini semoga
kamu bisa lebih tepat saat bersosialisasi di media sosial.
Sumber : https://www.popmama.com/life/health/atika-dian/tips-menggunakan-media-sosial-dengan-bijak/7
Video bahan Ajar : https://www.youtube.com/watch?v=VheXEsOpdyE&t=3s
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Bimbingan
Klasikal
A.
Identitas Siswa
Nama siswa :
Kelas :
Hari/tanggal :
Judul materi layanan : Menggunakan Media Sosial dengan Bijak
Tujuan : Menganalisis
kegiatan yang dikategorikan positif dalam penggunaan media sosial
Pemberi materi : A. Rauf (Guru BK)
B.
Bahan, alat dan metode
1. Bahan dan alat : Google form dan HP (Android)
2. Metode
: Daring melalui link google form
C. Kegiatan/ latihan pemahaman peserta didik
terhadap materi layanan
1. Bagaimana pemahaman Ananda tentang berbagai macam perilaku yang
menyimpang dalam bermedsos?
Jawab :
......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
2. Bagaimana cara menggunakan media sosial dengan
bijak menurut
menurut ananda ?
Jawab :
......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
3. Jelaskan
kegiatan yang dikategorikan perilaku bijak dalam penggunaan media sosial
menurut ananda!
Jawab :
.......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
4. Jabarkanlah kegiatan yang dikategorikan positif
dalam penggunaan media sosial !
Jawab :
.......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
DINAS PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
SMPN
23 MUARO JAMBI
Jl. Petaling Km 13 Sungai Gelam Kode Pos : 36668
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
Bimbingan Kelompok
1. |
Kompone layanan |
Layanan
Dasar |
2. |
Bidang Layanan |
Bidang
Pribadi, sosial, belajar |
3. |
Fungsi Layanan |
Fungsi
Pemahaman, Pencegahan, pengembangan |
4. |
Tujuan |
Peserta didik menganalisis kegiatan yang dikategoorikan positif |
5. |
Topik |
Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak |
6. |
Sasaran
Layanan |
Kelas 9/ semester ganjil |
7. |
Metode/ Teknik |
Daring
via WAG, zoom / diskusi kelompok |
8. |
Waktu |
2 X 40
Menit |
9. |
Media/alat |
Video, Power point |
10. |
Sumber
Bacaan |
Internet |
11. |
Uraian
Kegiatan |
|
|
1. Tahap Awal a.Pernyataan Tujuan |
1.
Menyapa dan membuka kegiatan dengan penuh semangat 2. Menjelaskan tujuan kegiatan bimbingan kelompok |
|
b. Penjelasan tentang langkah- langkah kegiatan
kelompok (pembentukan kelompok) |
Menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan diikuti waktu yang ditetapkan |
|
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi) |
Menjelaskan
kegiatan yang akan dilaksanakan
secara
operasional dengan berkomunikasi secara efektif
dengan peserta didik |
|
2. Tahap
Peralihan a.Pemimpin kelompok Mengamati dan menanyakan
kesiapan siswa untuk masuk ke tahap kegiatan selanjutnya |
1.Mengamati dinamika kelompok yang berkembang 2. Menanyakan kesiapan
siswa untuk masuk ke tahap kegiatan ini 3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat 4. Menjelaskan kembali secara singkat tentang bimbingan kelompok |
|
b.Pemimpin kelompok membangun komitmen dengan peserta untuk aktif dalam kegiatan bimbingan kelompok |
Mengajak
seluruh anggota kelompok untuk terlibat aktif
dalam kegiatan kelompok dan memotivasi untuk aktif. |
|
3. Tahap Inti a.
Membaca
dan dan mendiskusikan materi kegiatan yang telah
dibagikan |
Pemimpin kelompok memandu
anggota kelompok untuk membaca dan
mendiskusikan materi-materi kegiatan yang telah
dibagikan |
|
b. Pengungkapan perasaan, pemikiran dan
pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok |
Membahas topik yang telah
ditetapkan secara mendalam dari segi
positif dan negatinya, pemimpin kelompok selalu
mengamati dinamika yang berkembang. Selain
itu pemimpin kelompok dapat memberikan selingan
yang menyegarkan (ice breaking) untuk
menghiudupkan suasana. |
|
4. Tahap Pengakhiran Menutup kegiatan dan merencanakan tindak lanjut |
a. Menyampaikan bahwa
kegiatan sudah sampai di akhir b. Meminta anggota
kelompok menyimpulkan pembahasan c. Meminta kesan-kesan d. Pemimpin kelompok menyimpulkan pembahasan
topik |
12. |
Evaluasi a. Evaluasi
proses |
a.Meminta anggota kelompok menyampaikan perolehannya b. Menilai dinamika kelompok yang
berkembang c. Memberi penguatan. |
|
b. Evaluasi Hasil |
a. Mengajukan pertanyaan
untuk mengungkap pengalaman anggota kelompok b. Mengamati perobahan perilaku anggota kelompok c. Memberikan instrument
penilaian |
Mengetahui Sungai
Gelam, September 2020
Kepala Sekolah Guru
BK
Jurman, S.Pd A. Rauf, S.Pd
NIP. NIP.
MATERI AJAR
MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DEGAN BIJAK
Media sosial sudah
lekat dengan kehidupan kaum milenial. Segala hal dibagikan di media sosial
mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat
personal.
Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh
karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan
bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya
jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih.
Tapi tak jarang juga
sosial media menjadi ajang curhat si pemiliknya sehingga seluruh dunia bahkan
orang yang tidak dikenal akan tahu perasaan atau masalah yang tengah dilaluinya
saat itu.
Padahal dalam menggunakan media sosial, kita harus bijak dan bisa memilah
apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain. Agar aman dan
nyaman bersosial media, yuk lakukan 7 tips menggunakan media sosial dengan
bijak berikut ini :
1. Tidak
share info pribadi
Berhati-hatilah
dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi
tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu dan lain
sebagainya yang sangat pribadi.
Jangan
sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak
bertanggungjawab melalu media sosial.
2. Jaga inner circle
Periksa
lagi siapa follower atau temanmu
di media sosial. Sebaiknya jangan menerima permintaan pertemanan
dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga inner circle-mu
dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan baik.
3. Jaga etika
Dalam
bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk
bersosialisasi melalui media sosial.
Citra
diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi
tetap jaga etikamu sebaik mungkin.
4. No SARA No HOAX
Pastikan
konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA
dan HOAX. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang di lakukan berdasarkan
sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar
golongan.
Sementara
HOAX adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.
5. Cantumkan sumber konten
Jangan
lupa untuk selalu mencantumkan sumber atas konten yang kamu bagikan apabila itu
merupakan hasil karya orang lain. Kamu bisa dituduh plagiat atau mencuri konten
orang lain jika posting gambar atau quote tanpa menyebutkan sumber aslinya.
6. Sarana pengembangan diri
Jadikan
media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat
membagikan hasil karyamu, ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga
bisa menimba ilmu melalui sosial media dengan mengikuti kelas online maupun follow akun
yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.
7. Bangun jaringan
Manfaatkan
sosial media untuk membangun jaringan. Baik itu dalam hal pekerjaan, bisnis
maupun persahabatan. Bila kamu ingin merintis suatu usaha, gunakan sosial media
untuk memperbesar bisnismu. Salah satunya dengan cara membangun jaringan
dengan follower-mu.
Nah itulah 7 tips menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan tips ini semoga
kamu bisa lebih tepat saat bersosialisasi di media sosial.
Sumber : https://www.popmama.com/life/health/atika-dian/tips-menggunakan-media-sosial-dengan-bijak/7
Video bahan Ajar : https://www.youtube.com/watch?v=VheXEsOpdyE&t=3s
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BIMBINGAN
KELOMPOK
Latihan 1 : Deskripsikan menggunakan bahasamu
sendiri tentang mengguanakan media sosial dengan bijak !
Latihan 2 : Pada tabel di bawah ini tuliskan kebiasaanmu
dalam menggunakan media sosial dan cara mengatasi jika itu kebiasaan negatif
No. |
Kebiasaan positif |
Kebiasaan negatif |
Cara mengatasi |
|
Contoh : sering diskusi tentang pelajaran dengan teman
di facebook |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Latihan 3 : Setelah menuliskan kebiasaan
positif dan negatif dan cara mengatasi pada tabel di atas sekarang coba
rumuskan langkah-langkah menggunakan media sosial denngan bijak !
EVALUASI PROSES BIMBINGAN KELOMPOK
(KONSELOR)
Hari/Tanggal :
Materi Layanan : Menggunakan Media Sosial
dengan bijak
Kelas
:
No. |
pernyataan |
Skor |
||||
1. |
Peserta didik dapat menyadari peran anggtota kelompok |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2. |
Peserta didik dapat mematuhi aturan kelompok |
|
|
|
|
|
3. |
Peserta didik/anggota kelompok bersemangat dalam
megikuti game pembuka layanan bimbingan kelompok |
|
|
|
|
|
4. |
Peserta didik/anggota kelompok terlibat aktif mengungkapkan
topik yang perlu dibahas |
|
|
|
|
|
5. |
Peserta didik/anggota kelompok aktif mengungkapkan diri
secara terbuka |
|
|
|
|
|
6. |
Peserta didik/anggota kelompok aktif membuat Slogan
sebagai komitmen awal |
|
|
|
|
|
7. |
Peserta didik menganalisis dan merefleksi video yang
ditayangkan |
|
|
|
|
|
8. |
Peserta didik/anggota kelompok aktif berdiskusi/sharing
hasil membuat Slogan |
|
|
|
|
|
9. |
Peserta didik/anggota kelompok mengungkap kesan dan
keberhasilan yang dicapai oleh setiap anggota |
|
|
|
|
|
10. |
Peserta didik/anggota kelompok merangkum atau menyimpulkan
hasil diskusi |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR |
|
|
|
|
|
Sungai Gelam, oktober 2020
Guru BK/Evaluator
………………………………………………….
Keterangan :
1. Skor minimal
yang dicapai adalah 1 x 10 = 10, dan skor tertinggi adalah 5 x 10 = 50
2. Kategori hasil
:
- Sangat baik = 38 - 50
- Baik = 26 - 38
- Cukup = 13 - 25
- Kurang = ... – 12
EVALUASI
PROSES BIMBINGAN KELOMPOK
(Peserta
Didik)
Nama :
Kelas :
Materi Layanan : Menggunakan
Media Sosial dengan bijak
No. |
pernyataan |
Skor |
||||
1. |
Konselor memberikan sapaan hangat untuk memulai layanan daring |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2. |
Konselor mempresensi peserta didik sebagai langkah
mengetahui kesiapan peserta didik sebelum memulai layanan |
|
|
|
|
|
3. |
Konselor menyampaikan tujuan layanan bimbingan kelompok |
|
|
|
|
|
4. |
Konselor menjelaskan cara pelaksanaan bimbingan
kelompok |
|
|
|
|
|
5. |
Konselor menjelaskan peran masing-masing anggota dan
pemimpin kelompok |
|
|
|
|
|
6. |
Konselor menjelaskan aturan kelompok mendorong anggota
untuk berperan penuh dalam kegiatan kelompok |
|
|
|
|
|
7. |
Konselor menyampaikan durasi waktu layanan BK daring |
|
|
|
|
|
8. |
Konselor memberikan game sebelum layanan memasuki tahap
inti |
|
|
|
|
|
9. |
Konselor mendorong tiap anggota untuk mengungkapkan
topik yang perlu dibahas |
|
|
|
|
|
10. |
Konselor mendorong tiap anggota untuk mengungkapkan topik yang perlu dibahas |
|
|
|
|
|
11. |
Konselor mendorong tiap anggota untuk terlibat aktif
saling membantu |
|
|
|
|
|
12. |
Konselor memotivasi anggota untuk saling mengungkapkan
diri secara terbuka |
|
|
|
|
|
13. |
Konselor mengajak peserta didik untuk memiliki komitmen
pada diri sendiri untuk dapat membangun percaya diri diawali dengan membuat
slogan |
|
|
|
|
|
14. |
Konselor memberikan reinforcement bagi siswa yang
sukarela berpendapat |
|
|
|
|
|
15. |
Konselor menyampaikan materi layanan pada pertemuan
selanjutnya |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR |
|
|
|
|
|
Sungai Gelam, oktober 2020
Guru BK/Evaluator
………………………………………………….
Keterangan :
1. Skor minimal yang dicapai adalah 1 x 15 = 15, dan skor tertinggi
adalah 5 x 15 = 75
2. Kategori hasil :
- Sangat baik = 56 - 75
- Baik = 38 - 55
- Cukup = 20 - 37
- Kurang = ... - 19
EVALUASI
HASIL BIMBINGAN KELOMPOK
(Konselor)
Nama :
Kelas :
Materi Layanan : Menggunakan Media Sosial dengan bijak
No. |
pernyataan |
Skor |
||||
1. |
Peserta didik dapat memahami konsep tentang penggunaan
media sosial dengan bijak |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2. |
Peserta didik menyadari manfaat menggunaan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
3. |
Peserta didik menyadari pentingnya media sosial dengan
bijak setelah mengikuti layanan
bimbingan kelompok |
|
|
|
|
|
4. |
Peserta didik dapat mendeskripsikan tentang menggunakan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
5. |
Peserta didik menyadari kelebihan dan kekurangannyadalam menggunakan media sosial |
|
|
|
|
|
6. |
Peserta didik termotivasi untuk untuk menggunakan media
sosial secara bijak |
|
|
|
|
|
7. |
Peserta didik memiliki keyakinan dapat menggunakan
media sosial dengan baik |
|
|
|
|
|
8. |
Peserta didik
merasa senang karena materi yang disajikan dalam bimbingan kelompok sangat bermanfaat untuk
kehidupannya |
|
|
|
|
|
9. |
Peserta didik
mampu mengembangkan cara Penggunaan media sosial denaga bijak
|
|
|
|
|
|
10. |
Peserta didik dapat membuat rencana kegiatan yang akan
dilakukan sebagai upaya menggunakan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR |
|
|
|
|
|
Sungai Gelam, oktober 2020
Guru BK/Evaluator
………………………………………………….
Keterangan :
1. Skor minimal
yang dicapai adalah 1 x 10 = 10, dan skor tertinggi adalah 5 x 10 = 50
2. Kategori hasil
:
- Sangat baik = 38 - 50
- Baik = 26 - 38
- Cukup = 13 - 25
- Kurang = ... – 12
EVALUASI
HASIL BIMBINGAN KELOMPOK
(siswa)
No. |
pernyataan |
Skor |
||||
1. |
Saya mendapatkan pemahaman konsep tentang penggunaan
media sosial dengan bijak |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2. |
Saya dapat menyadari manfaat menggunaan media sosial
dengan bijak |
|
|
|
|
|
3. |
Saya memahami pentingnya media sosial dengan bijak setelah mengikuti layanan bimbingan
kelompok |
|
|
|
|
|
4. |
Saya mampu mendeskripsikan tentang menggunaan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
5. |
Saya menyadari kelebihan dan kekurangan saya dalam
menggunakan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
6. |
Saya merasa termotivasi untuk menggunakan media sosial
secara berhati (bijak) |
|
|
|
|
|
7. |
Saya merasa yakin dapat menggunakan media sosial dengan
baik |
|
|
|
|
|
8. |
Saya merasa senang karena materi yang disajikan dalam bimbingan kelompok sangat bermanfaat untuk kehidupan saya |
|
|
|
|
|
9. |
Saya mampu mengembangkan cara Penggunaan media sosial denaga bijak sebagai proses membangun
percaya diri |
|
|
|
|
|
10. |
Saya dapat membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan
sebagai upaya menggunakan media sosial dengan bijak |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR |
|
|
|
|
|
Sungai Gelam, oktober 2020
Guru BK/Evaluator
…………………………………………………
Keterangan :
1. Skor minimal
yang dicapai adalah 1 x 10 = 10, dan skor tertinggi adalah 5 x 10 = 50
2. Kategori hasil
:
- Sangat baik = 38 - 50
- Baik = 26 - 38
- Cukup = 13 - 25
- Kurang = ... – 12
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMPN 23 MUARO JAMBI
Jl. Petaling Km 13 Sungai Gelam Kode Pos : 36668
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL
SEMESTER (GANJIL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021
NO. |
Komponen Layanan |
|
Objek Layanan |
1. |
Nama Konseli |
: |
ST |
2. |
Kelas/ semester |
: |
9 (sembilan)/ Ganjil |
3. |
Hari, tanggal |
: |
September 2020 |
4. |
Pertemuan ke- |
: |
1 (satu) |
5. |
waktu |
: |
1 x 40 menit |
6. |
Tempat |
: |
WhatsApp/ Handpone |
7. |
Gejala yang nampak/
keluhan |
: |
Karena sering berselancar
menggunakan media sosial (Medsos), ST seringkali mendapat perlakuan yang
tidak senonoh dari warganet yang tidak ia kenal identitasnya. Ia bingung
bagaimana cara menaggulanginya dan bisa menggunakan Medsos dengan aman. |
Catatan :
v
Rencana
pendekatan dan teknik yang digunakan adalah Rational emotif behavior therapy
(REBT)
v Dokumen ini
bersifat rahasia
Mengetahui Sungai
Gelam, September 2020
Kepala Sekolah Guru
BK
Jurman, S.Pd A. Rauf, S.Pd
NIP. NIP.
MATERI AJAR
MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DEGAN BIJAK
Media sosial sudah
lekat dengan kehidupan kaum milenial. Segala hal dibagikan di media sosial
mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat
personal.
Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh
karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan
bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya
jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih.
Tapi tak jarang juga
sosial media menjadi ajang curhat si pemiliknya sehingga seluruh dunia bahkan
orang yang tidak dikenal akan tahu perasaan atau masalah yang tengah dilaluinya
saat itu.
Padahal dalam menggunakan media sosial, kita harus bijak dan bisa memilah
apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain. Agar aman dan
nyaman bersosial media, yuk lakukan 7 tips menggunakan media sosial dengan
bijak berikut ini :
1. Tidak
share info pribadi
Berhati-hatilah
dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi
tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu dan lain
sebagainya yang sangat pribadi.
Jangan
sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak
bertanggungjawab melalu media sosial.
2. Jaga inner circle
Periksa
lagi siapa follower atau temanmu
di media sosial. Sebaiknya jangan menerima permintaan pertemanan
dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga inner circle-mu
dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan baik.
3. Jaga etika
Dalam
bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk
bersosialisasi melalui media sosial.
Citra
diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi
tetap jaga etikamu sebaik mungkin.
4. No SARA No HOAX
Pastikan
konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA
dan HOAX. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang di lakukan berdasarkan
sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar
golongan.
Sementara
HOAX adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.
5. Cantumkan sumber konten
Jangan
lupa untuk selalu mencantumkan sumber atas konten yang kamu bagikan apabila itu
merupakan hasil karya orang lain. Kamu bisa dituduh plagiat atau mencuri konten
orang lain jika posting gambar atau quote tanpa menyebutkan sumber aslinya.
6. Sarana pengembangan diri
Jadikan
media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat
membagikan hasil karyamu, ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga
bisa menimba ilmu melalui sosial media dengan mengikuti kelas online maupun follow akun
yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.
7. Bangun jaringan
Manfaatkan
sosial media untuk membangun jaringan. Baik itu dalam hal pekerjaan, bisnis
maupun persahabatan. Bila kamu ingin merintis suatu usaha, gunakan sosial media
untuk memperbesar bisnismu. Salah satunya dengan cara membangun jaringan
dengan follower-mu.
Nah itulah 7 tips menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan tips ini semoga
kamu bisa lebih tepat saat bersosialisasi di media sosial.
Sumber : https://www.popmama.com/life/health/atika-dian/tips-menggunakan-media-sosial-dengan-bijak/7
Video bahan Ajar : https://www.youtube.com/watch?v=VheXEsOpdyE&t=3s
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
(KONSELING
INDIVIDU)
Terima
kasih atas kebersamaan kita dalam proses konseling Berikut harap diisi berdasar
sesi pertemuan konseling ke …….
1. Apakah anda memahami permasalahan yang anda
hadapi ?
2. Apakah anda mengikuti proses konseling atas
dasar kesadaran pribadi ?
3. Apakan anda mengikuti konseling ini sesuai
dengan kebutuhan anda saat ini ?
4. Apakan proses konseling ini bisa membantu
terselesaikan permasalahan anda ?
5. Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang
anda dapatkan dari layanan yang telah anada jalani ?
6. Bagaimanakah perasaan anda setelah
mendapatkan layanan tersebut ?
7.
Setelah mendapatkan layanan, apakah yang akan anda laksanakan untuk
mangentaskan masalah anda ?
No comments:
Post a Comment